Hal yang harus diperhatikan dalam Membeli Paket Tour Murah

pantai tanjung benoa Bali - Fuji Hastuti

AF_idTravelPaket tour murah merupakan program wisata yang paling banyak dilirik para penggiat yang hobbi melakukan perjalanan wisata. Bagi anda yang sering bepergian, traveling atau tour ke tempat-tempat tujuan wisata baik dalam maupun luar negeri, informasi ini bisa jadi bahan acuan. Sering kita melupakan hal yang menurut kita biasa saja tapi ternyata sangat penting sebelum kita melakukan perjalanan.

Kebanyakan orang hanya mementingkan program perjalanan atau paket tour murah saja. Mereka tidak melihat seluruhnya secara detail hal-hal apa saja yang sudah termasuk kedalam paket tour murah tersebut.

Hal-hal yang harus dicermati dalam paket tour adalah Tanggal keberangkatan, Itinerary, Include dan Exclude, tips serta pajak. Kelima hal ini biasanya selalu ada dalam sebuah paket tour. Jika paket programnya kurang jelas, lebih baik anda menanyakanya kepada Agent Travel yang anda percayai menjual paket tour murah tersebut.

Berikut hal-hal yang harus dicermati dalam program paket tour murah

1. Tanggal Keberangkatan

Pastikan hari keberangkatan pada tanggal berapa agar dapat disesuaikan. Bisa saja ketika anda melakukan perjalanan bulan Desember, maka harga tersebut akan berbeda dikarenakan pada bulan Desember harga tiket dan akomodasi biasanya akan naik.

Oleh karena itu, pesanlah paket Tour murah jauh-jauh hari sebelum keberangkatan anda. Sama seperti memesan tiket, belilah 2 atau 3 bulan sebelum keberangkatan anda.

Selain harga tiketnya bisa dapat murah, harga akomodasi juga biasanya lebih murah. Sehingga paket tour yang kita dapat sesuai dengan yang kita harapkan.

2. Itenerary

Itinerary adalah program perjalanan yang ada pada sebuah paket tour. Jadi perhatikan seluruh tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Apakah Itinerarynya sesuai dengan yang kamu mau. Jika tidak, biasanya bisa di Custom. Hanya saja kemungkinan anda akan membayar lebih. Dan itupun hanya berlaku untuk paket tour Privat dan tidak mengikuti paket tour yang lain. tentu biasanya harganya menjadi lebih mahal.

Pastikan seluruh perjalanan yang ada di dalam paket tour tersebut anda ikuti dengan baik agar tournya terlaksana dengan lancar.

Jika anda ingin melakukan mengunjungi tempat wisata diluar dari paket tour, biasanya ada yang memperbolehkan dan ada juga agen yang tidak memperbolehkan. Jika tertulis "OPTIONAL" berarti anda bisa keluar dari perjalanan paket tour tersebut. Hanya saja, seluruh biaya akan anda tanggung sendiri. Misalnya di hari kedua pada saat makan siang, anda tidak ikut lagi sampai malam harinya. Maka anda bisa mengajukan kepada penyelenggara. Namun, semuanya biaya akan anda tanggung sendiri. Jadi disarankan agar tetap mengikuti perjalanan yang sudah disediakan saja agar lebih murah.

3. Include dan Exclude

Selanjutnya kolom Include dan Exclude yaitu apa yang termasuk ke dalam paket tour tersebut dan apa yang tidak termasuk didalamnya.

Pelajari baik-baik bagian ini, karena banyak orang lalai memahaminya sehingga tidak jarang adu argumen antara tamu dengan agen. Tanyakan apa saja yang sudah termasuk ke dalam paket tour yang anda beli secara JELAS. Jangan sampai ada kesalah pahaman. Misal Anda mengira bahwa paket tour sudah termasuk harga Tiketnya, ternyata harga tiket tersebut tidak termasuk di dalamnya, tentu anda jadi merasa dirugikan bukan?? padahal mungkin karena anda kurang teliti.

4. Tips

Tips memang kelihatanya sederhana dan tidak terlalu besar, tapi bayangkan kalau yagn iktu tour ada sampai 100 orang dan tiap orang dikenakan tips antara 50rb hingga 100rb, maka sangat besar bukan? Oleh karena itu, lihat baik-baik apakah TIPS sudah termasuk didalamnya

5. Pajak (TAX)

Biasanya pengenaan pajak tidak tercantum dalam program tour paket murah, tapi alangkah baiknya jika anda tanyakan kepada Agen travel anda, berapa besarnya pajak untuk paket tour anda. Kalaupun ada, biasanya besar pajak sekitar 10% dari harga paket dan tidak termasuk harga tiket. pastikan dan tanyakan secara jelas.

Hal yang harus diperhatikan dalam Membeli Paket Tour Murah Hal yang harus diperhatikan dalam Membeli Paket Tour Murah Reviewed by Avril Fumia on 11:09:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.